25 Oktober, 2024
AYo Berbagi

Upacara HBA ke 63, Kejari Rohil Terus Berbenah dan Selalu Jaga Kepercayaan Publik 

Fhoto : Istimewa

Bagansiapiapi- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Yuliarni Appy, S.H., M.H., memimpin langsung upacara Peringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 tahun 2023

Kegiatan upacara HBA ke-63 tahun 2023 dipusatkan dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil, Jalan Lintas Pesisir Sungai Rokan, Kecamatan Bangko  mengangkat tema “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional ” dimulai dengan menyanyikan Korp Adhyaksa, pengheningan cipta dan penutup doa.

Kajari Rokan Hilir Yuliarni Appy SH.MH., Selaku pembina upacara membacakan amanat Kejaksaan Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin.

Dalam amanat Jaksa Agung ST Burhanudin “Hari Bhakti Adhyaksa yang kita peringati tahun ini jangan hanya dijadikan sekedar acara seremonial belaka, sudah selayaknya kita hayati sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kurun waktu satu tahun terakhir, serta merumuskan strategi untuk kita laksanakan kedepan, demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Kajari Yuliarni Appy dalam kesempatan itu juga mengajak seluruh Insan Adhyaksa dilingkungan Kejaksaan Negeri Rokan Hilir dalam momen peringatan HBA ke-63 ini dijadikan sebagai momen untuk berbenah diri, merapatkan barisan, untuk berkontemplasi dan menginternalisasi nilai-nilai Trapsila Adhyaksa yang merupakan landasan jiwa kejaksaan guna meningkatkan kecintaan terhadap pekerjaan dan institusi.

Usai pelaksanaan kegiatan upacara HBA ke-63, Kajari Rohil Yuliarni Appy didampingi Kasi Intel Kejari Rohil Yopentinu Adi Nugraha SH saat di konfirmasi awak media menyampaikan ucapan terimakasih kepada insan Pers yang ikut serta hadir dalam upacara tersebut.

Kata Kajari Yuliarni Appy, sebelum kegiatan upacara peringati HBA ke-63 dilingkungan Kejaksaan Negeri Rokan Hilir dimulai, jajarannya telah mengikuti upacara tersebut secara online bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Kepala Kejaksaan Agung St. Burhanuddin yang diikuti oleh seluruh Kejaksaan mulai dari Kejaksaan Tinggi hingga Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia.

Dalam upacara secara virtual ini, sambung Yuliarni Appy, ada beberapa pesan penting yang disampaikan Presiden serta tujuh program kerja prioritas Kejaksaan yang disampaikan oleh Jaksa Agung untuk tahun 2023 ikut disampaikan Kajari Rohil diantaranya berbunyi.

Pertama; Jaga netralitas personil dalam menyongsong tahun politik serta jaga stabilitas politik dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan.

Kedua; Wujudkan pola penegakan hukum yang berkepastian, berkeadilan dan berkemanfaatan demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Ketiga; Hadirkan penegakan hukum yang humanis berlandaskan hati nurani serta nilai-nilai keadilan yang hidup dan berkembang di masyarakat.

Keempat; Percepat penyelesaian pengembangan organisasi serta tugas fungsi institusi yang menjadi amanat dari Undang-Undang Kejaksaan.

Kelima; Bentuk kesatuan pola analisis yuridis yang terstruktur dan terukur dalam setiap penyelesaian penanganan perkara.

Keenam; Kaji dan susun langkah-langkah strategis pasca perubahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana maupun undang-undang baru lainnya yang berdampak pada tugas dan fungsi institusi.

Ketujuh;  Memperkuat pengelolan aset hasil tindak pidana guna optimalisasi pendapatan keuangan negara.

Sejalan dengan tema HBA ke-63 “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional” Yuliarni Appy selalu Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir mengatakan ke awak media bahwa pihaknya bersama jajaran akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan dilingkungan internal supaya institusi Adhyaksa ini selalu berada di hati masyarakat.

Kejaksaan Negeri Rokan Hilir kedepannya akan terus berbenah diri, tetap menjadi lembaga penegakan hukum yang bisa merebut kepercayaan masyarakat dan menjaga kepercayaan Publik., Pungkasnya. (Suriman)