27 September, 2021
AYo Berbagi

Terlalu, Usai Sakolan Di Rohil,Mahyudin Copot Plt Kemenag Bangkalis Lagi

Ayoberbagi.co.id–Bagansiapiapi–Terlalu,inilah yang terdengar pasca di copotnya Drs.H.Sakolan Khalil MAg sebagai Plt Kepala Kemenag Rohil Rabu (19/5/2021) lalu,karena di copot dari jabatanya Tanpa pemberitahuan dan alasan oleh Kakanwil Kemenag  Riau.

Ternyata Kamis (20/5/2021) selisih sehari hal serupa di alami  Plt Kepala Kantor Kemenag Bengkalis dr.Carles MA kader Nahdatul Ulama ini mengalami nasib sama di copot oleh Mahyudin Kepala Kanwil Kemenag Riau seperti yang di alami Sakolan Khalil di Rohil.

 

Pro dan kontra saat ini menjadi tudingan miring terhadap tata kelola dan menajemen penentu kebijakan di Kanwil Kemenag Riau di Pekanbaru.

Karena baik Drs.H.Sakolan Khalil MA dan dr.Carles MA selama ini kader dan tokoh NU sehingga terbetik kabar miring ada pembunuhan katakter dan karir kedua ASN ini di era kepemimpinan Mahyudin.

Isu makin liar di kalangan interen ASN Kantor Kemenag dan bahkan masyarakat Rohil atas kesemena-mena sikap Otoriter Kepala Kanwil Kemenag Riau ini mengganti Plt (Pelaksaba tugas) ke Plt yang batu .

Menilik SK Kanwil Kemenag Riau Nomor : B.05/Kw.04.1/KP.01.1/01/2920 tanggal 7 Januari 2020 dan Surat Tugas dari Menteri Agama RI melalui Sekjend Kemenag RI Nomor : B.II/3/000770/ tanggal 15 Januari 2020 .

Di SK dan Surat Tugas yang di terbitkan untuk Drs.H.Sakolan Khalil MA dan dr.Carles MA sampai di tunjuk atau adanya Kepala defenitif baru menjabat Kakan Kemenag baik di Rohil maupun di Bengkalis.

Anehnya,konon informasi menyebutkan kedua orang Plt Kakan Kemenag ini  akan memasuki masa pensiun,pada hal kedua ASN ini  masih panjang mada masa tugas pengabdiannya .

” Ada apa ini,di copot balasanya Plt yang menjabat akan pensiun,pada hal masa tugas masih panjang keduanya Kader NU,perlu klarifikasi,acara awal Mahyudin ke Rohil dan Bengkalis kegiatan Pembinaan monotoring tapi di sisipkan penyerahan SK Plt Kakan Kemenag yang baru, ” Ucap sumber Minggu (6/6/2021).

Polemik bergulir,timbul informasi liar karena apa yang di peraktek Mahyudin di nilai kurang tepat dan santun karena sudah menunjukan arogansi dengan bawahan dan lebih dari itu jelas kurang beretika di bawah semboyan Ikhlas beramal.

Entahlah inilah bola liar tersebut,Mantal Plt Kepala Kantor Kemenag Rohil H.Sakolan Khalil enggan mengulas situasi ini namun tak membantah adanya ” Pengkerdilan kader NU,apa lagi Surat Sekjend Kemenag.

Data di rangkum hingga akhir pekan Minggu pertama Juni 2021 baik ASN maupun honorer di lingkungan Kemenag Rohil belum gajian dan konon kubu-kubuan di kantor tersebut terlihat semakin nyata.

(AYo berbagi-02/01/Tim Telisik)