27 November, 2022
AYo Berbagi

Ayoberbagi.co.id–Panipahan–Puluhan nelayan Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas  Senin (18/10/2021) mengikuti Pelayanan ISR Maritim dan Sertifikasi Operator Radio Bagi Nelayanan (Maritim On The Sport) di Gedung SDN 001 Jalan Bakti Panipahan.

Pelatihan di gelar Kementerian Komunikasi Dan Informatika Balai Monitor Spektrun Frekwensi Radio Kelas I Pekanbaru ini di hadiri Camat Pasir Limau Kapas Yahya Khan SH.

Yahya Khan SH menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakatnya yang mayoritas berptofesi nelayan .

Camat Pasir Limau Kapas ini juga meminta agar selayaknya mengikuti dengan baik dan paham mengoperasionalkan perajgkat dan tatacara mempergunakan komunikasi radio nelayan.

” Sangat bermamfaat ketika berada di laut dan dapat mempergunakanya dengan baik sesuai ketentusn dan aturan frekwensi, ” Terang Yahya Khan SH.

Di tambahkan Yahya Khan,Masyarakat Panipahan mayoritas  nelayan perlu punya  sertifikasi operator radio Maritim On the sport, ” Sebut Yahya Khan SH.

Sementara itu Rohil Maridah dari Balai Monitor Spektrum Frekwensi Radio Kelas I Pekanbaru di hadapan peserta menyampaikan berbagai hal mengenai pelayanan ISR dan sertifikasi radio bagi nelayan.

” Kami mensosialisasikan Undang-Undang Nomor : 27 Tahun 2008,Peraturan Pemerintah Nomor : 51 Tahun 2002,KM Nomor : 26 Tahun 2006,0M Nomor : 35 Tahun 2017 dan PM Nonor : 45 Tahun 2021, ” Sebut Rohul Maridah.

Nelayan Panipahan dalam sosislisasi tersebut juga di harapkan memiliki surat penerapan tanda panggilan berupa perangkat radio kapal sebagai salah satu indentitas kapal dan tata cara persyaratan pemanggunaan call sing.

Sosialisasi Senin (18/10/2021) ini dari Jam 14.30 WIB sampai Jam 16.30 WIB atau 2 Jam saja,di akhir sosialisasi nelayan sebagai peserta menerima honor.

” Lumayan,dapat buku panduan,dapat uang honor,pengetahuan menggunakan radio all band diatas kapal dan paham SOS, ” Ucap Awi (43) salah seorang nelayan Panipahan saat meninggalkan SDN 001 Panipahan usai mengikuti sosislisasi tersebut.

(02/01/Tim Telisik)